Senin, 25 Agustus 2014

Trip to Malaysia 2014 - Day 1 (KLIA2, My Hotel and Petronas)

Sebelum lupa..sebelum ada memories yg terlewat.. mari berceloteh trip kemaren..

Bulan mei kemaren, saya dan my travelmate that is suami saya akhirnya berangkat ke Malaysia..negara tetangga yang terkenal dgn jargon wisatanya "Malaysia truly asia.."
Padahal gak ada kepengen2nya kesono..
Hanya saja waktu itu situasi kita harus liburan, kepala sudah mumet semumet2nya, kita harus secepatnya "entertain our brain".
Ini kali pertama saya dan suami jalan2 hanya berdua, saya menyebut trip kali ini Our Second Honeymoon, tapi kata suami (diakhir trip) bukaaaan.. banyak jalan2 sama belanja katanya hahaha... *maafkanAyah

Foto Duck Face kami ketika di Terminal 3, hihihi *emang abg aja yg bisa duck face wakakakk

Tapi kita tetap punya rules pada liburan kali ini.. mencari negara yg enak makannya, enak sholatnya, gak pake tersiksa kyk kmren liburan ke Singapore
**waktu itu sholat aja ngemper dipinggir jalan, ujii nyali bgt kan...makan difood republic terus karena makanan halal dan enak yang cocok sama lidah kita ada tersedia disitu, huhh..
Mata sih liburan tapi hati rasa2nya gak enaak bgt
Dan terpilihlah Malaysia....

Lets start the stories...

Dimulai dgn dibukanya KLIA2, awal Mei 2014, dan kita pun merasakan KLIA diawal2.
Bau cat, banyaknya crew2 mereka yg berdiri dgn tulisan "ask me?", dll. Pokoknya dsana tdk akan tersesat.. *pede bener yaa hihihi, Insya Allah..

KLIA 2 adalah airport low cost terbesar didunia..dimana ada berpuluh2 pier dgn garbarata yg menunggu disetiap kedatangan..

Ketika sampai diterminal kedatangan semuanya terasa nyaman. Banyaknya petugas dan line utk imigrasi, banyaknya tmpt makan dan byknya toko2 branded, enjoyable pkknya..
**kecuali ketika pulang atau keberangkatan dri sana yaa, yg jaraknya suppeeer duperrr juaaauh huhuhu..Gempor gw..

Di KLIA2 ada Tourism Information Centre, banyak pamflet dan peta KL gratis

Yang rada2 shocking itu harga tiket KLIA Transit (kereta yang berhenti dibeberapa perhentian) atau KLIA Express (kereta dengan satu tujuan yaitu KL Sentral tanpa berhenti /Express rail link atau ERL)..
Byk yg menginfokan bahwa harganya berbeda, dimana lebih murah KLIA Transit ( KLIA Transit hanya 12 RM ). Kenyataannya, dri KLIA 2, harga keduanya sama utk tujuan KL sentral yaitu 35 RM.

Cara mendapatkan counter ticketing gampang, ketika keluar imigrasi dan cek barang, tinggal jalan lurus kemudian belok kanan, akan terlihat ticketing yg bernuansa ungu atau jika masih bingung bisa bertanya pada crew yg memegang tulisan "Ask Me?"
Kamipun memilih KLIA Express, dgn harga yang sama tentulah lebih murah dgn wkt yg lbh cepat (28 smpai 30 menit)..namanya juga ekspresssss.. hihihi..

Foto dadakan ini mangkanye gayanya aneh.. *pembenaran wkwkwk

Di KLIA Express, lumayan enak.. BerAC, dilarang makan dan minum (tpi ada aja saya ngeliat ibu2 tua yg buka bekel, chiness gt, tp berharap bkn dri Indonesia, padahal kaca dsampingnya ada tulisan denda berapa RM gtuh hahaha), ada wifi, cmn rada2 ribut, gak sestabil LRT di Spore saya rasa, dan juga ada tempat utk naroh tas.

Oia, karcis tiket jangan dbuang, ketika di-tap pada saat masuk, maka karcis akan di-tap kembali pada saat keluar. jika hilang, maka kita harus membeli seharga tiket (seperti pengalaman suami saya yg kehilangan karcis tiket dgn KLIA transit dari Putrajaya).
Ketika sampai diKL sentral, kita tinggal memilih tujuan kita dgn moda transportasi yg sesuai.

KL sentral adalah station pengangkutan utama di KL yang menghubungkan 6 Rangkaian, KLIA Ekspress, KLIA Transit, KTM Komuter, KTM Antarbandar, LRT (Light Railway Transit) dan KL Monorail.
*Monorail masih terpisah dengan KL Sentral, jadi kita harus berjalan menuju monorail. Tapi tahun 2016 monorail akan terpadu dgn KL Sentral.

Layout KL Sentral, Foto ini saya ambil dari web http://www.lcct.com.my/others/places/kl-sentral-station

Foto ini saya copy dari Web org lain, maaf tapi saya lupa alamatnya :)

Kebetulan dihari pertama saya di KL, saya menginap di My Hotel@Sentral, yg menurut saya hotel dgn harga murah dan terdekat dgn KL Sentral. Cermatlah memilih lokasi My Hotel, krn My Hotel merupakan chain htl murah di KL, jadi disekitar KL Sentral pun ada bbrapa My Hotel. Berikut link My Hotel secara general, http://www.myhotels.com.my/ .

Tetapi yg terdekat adalah My Hotel@Sentral di Jl. Tun Sambhantan No.1 .
Arah termudah jika keluar dri KLIA transit/express menuju My Hotel adalah ketika keluar dri pintu exit KLIA transit/express, maka kita berjalan kearah kiri
***Letak KLIA transit/ekspress ini adalah diujung, jadi dsebelahnya hanya ada pintu keluar, dimana didepan pintu ada beberapa counter sepatu tanpa toko/kios
**** jika tdk keluar dari KLIA transit/express, maka tinggal mencari tulisan EXIT kearah Jl. Tun Sambhantan yg berwarna kuning jika tdk salah
Kita langsung menuju pintu keluar, kemudian akan ada escalator turun dan tangga (dikanan kita), kita ikuti escalator dan kitapun sampai dibawah (basement), kita tinggal putar arah dan jalan terus keluar dari KL sentral. kita pun akan sampai diperempatan lampu merah Jl. Tun Sambhantan.

Perempatan lampu merah Jl. Tun Sambanthan persis berada didepan gedung ini

Kita menyebrang kearah Public Bank. Disebelah public bank atau diantara Public Bank dan Old Town White Coffee adalah My Hotel@Sentral. Gampang dan dekat sekali hotel ini.. :)

Saran saya utk membooking hotel ini, pesanlah di web hotel itu sendiri maka kita akan mendapat kamar terbaik, baik kebersihan dan letak, yang tentunya dgn harga standar. Harga standar mereka sekitar 420 ribu utk superior twin/double, so-so laah hihihi.
Krn pengalaman saya yg menginap di My Hotel 2 kali dgn membooking 2 cara yg berbeda saya pun mndptkan 2 kamar dgn kelas yg sama tapi letak dan kebersihan yg berbeda, I'll tell you later.. :)

Berikut link dari web hotel My Hotel@Sentral http://www.sentral.myhotels.com.my/

Hotel murah dgn harga 420 ribuan, tapi bersih, nyaman dan wangi (contoh kamar diatas saya pesan melalui Web hotel langsung)

Pas check in, kita ketemu sama org Indonesia, Pontianak tepatnya. Daaaan... manager hotel yg lagi jaga didepan itu pnya istri org Banjar yg sdh jdi WN Malaysia tentunya..
Jadilah dispoiler ke kita berbahasa banjar, "begawi" "kaina" disebutin ama dia hahaha..
Toss kita pak cik.. ;)
Hari sdh malam..sekitar jam 8 ketika kami sampai dlm ruangan kamar.. mau cepet2 jalan, kaki gw gempooor bgt..maklum emak2 males, jadi keluhannya capek lah pegel lah..hihihi..

Kita pun akhirnya keluar jam 9 malam dgn tujuan foto dipetronas malam hari..
Dari KL sentral kita menuju stesen KLCC dengan LRT. Dgn sekitar 1,2 RM dan dgn waktu yg sebentar kita pun sampai di KLCC. Cari tulisan arah keluar ke Jl. Ampang , dengan naik tangga sekali, kita sampai diatas, putar arah,  jalan sedikit kita akan sampai di pintu utama Petronas.

Di LRT narsis terus dgn tongsis, diliatin dan ditanyain orang2 apa itu (tongsis mksdnya), hahaha

Spot foto paling bagus dipetronas adalah persis dibagian depan Petronas atau depan public bank (bank dgn sinar kuning). Yang didepannya ada air mancur dan posisi menara kembar bersebelahan lurus.. Jadi banyak2 lah nengok keatas buat cari posisi..hahaha..

Disana akan ada tangga dibagian paling depan, dimana ada pilar besar (berbentuk kotak) penyangga tangga. nah posisi terbaik itu adalah yg memfoto ada dibawah pilar kotak itu sambil rebahan dan yg difoto berdiri dipilar itu.. Efek foto akan sangat bagus..kita persis ada ditengah2 menara kembar..
Perbanyaklah senyum dan menyapa orang lain, tinggal minta tlg fotokan atau gantian deh hihihi.. *adamaunya
Kita pun bs capture memories dengan indah ditempat terkenal ini.. :)

Jika ingin selfie menggunakan tongsis..tinggal jalan kedepan tangga sampai mentok dinding..selfie dgn latar belakang Petronas pun akan bagus didapat..

Yang kiri foto diambil menggunakan tongsis dan yang kanan dgn dslr (minta tolong fotokan dgn kenalan yang anaknya saya sogok chacha hahaha)

Jika masuk kedlm petronas dipintu utama itu, kita akan melihat mobil balap petronas yg didisplay diatas..
*Sering kan liat org berfoto dgn background mobil balap nyangkut..nah disini tempatnya...

Kita sampai larut malam disini..kebetulan saat itu malam minggu..ada byk live music, cafe2 disepanjang promonade, ada lake symphony dimana dihari sabtu minggu waktu pertunjukan lebih panjang yaitu sampai jam 12 malam (air mancur goyang2 kayak dipasific place gtu.. bahkan di Summarecon bekasi lampu beginian juga ada, tanpa air sih wkwkwk), ada kolam rendam dan play ground juga..

Dan mendadak tersadar bahwa LRT disini beroperasi hanya sampai jam 11.30 malam..sedangkan waktu sdh menunjukkan jam 11.15.. dan kitaaa punnn berlaariii menuju LRT KLCC..wakakakkk.. beli tiket dan masuk LRT wushaaaa kita pun kesampaian.. dan itu adalah the last..hohoho..

Tpi dampak dari berlari itu saya kelaperan bgt..mampirlah kita di Old Town White Coffee yg ada disebelah hotel.. Klo diitung2.. Total makanan yg saya makan mgkn lbh mahal dari ongkos jika harus naik taxi dari KLCC petronas menuju hotel wakaakkkkk...

Then  tidooor.. siapin jiwa raga dan isi dompet buat itinerary besok..